PHOTOGRAPHY #3

Hallo, Kembali lagi kali ini masih seperti blog sebelumnya, saya akan membahas jenis-jenis Teknik Fotografi. Dan ada beberapa teknik yang akan saya bahas disini :


    1. DOF (Depth of Field)
    2. Diafragma / Bukaan Besar dan Kecil.
    3. Shutter

  • DOF

Zona ketajaman atau disebut depth-of-field (DOF), yaitu ketajaman yang membentang ke depan dan ke belakang dari titik yang benar-benar menjadi fokus pada saat itu. Ukuran zona ketajaman ditentukan oleh tiga faktor utama – aperture atau bukaan lensa, panjang fokus lensa dan jarak Anda dari subjek.



Foto 1.


Foto 2.

  • Diafragma (Bukaan)

Diafragma berbentuk seperti lubang yang bisa diatur besar kecilnya. Diafragma terletak pada lensa dari kamera yang digunakan. Maka, setiap lensa memiliki kemampuan untuk membuka dan menutup diafragma yang berbeda – beda. Misalnya ada lensa 17-50mm f/2.8, maka lensa tersebut bisa membuka “bukaan” nya hingga bukaan 2.8, berbeda dengan lensa 18-55mm f/3.5-5.6, lensa ini hanya bisa membuka bukaannya hingga 3.5.



 Foto 1.
f / 8.0


 Foto 2.
f / 2.0

  • Shutter

Shutter speed adalah rentang waktu saat shutter (jendela) di yang menutup sensor di kamera kita terbuka. Untuk menghasilkan foto yang tajam, gunakan shutter speed yang aman. Aturan aman dalam kebanyakan kondisi adalah setting shutter speed 1/60 atau lebih cepat, sehingga foto yang dihasilkan akan tajam dan aman, Semakin cepat obyek bergerak yang ingin kita bekukan dalam foto, akan semakin cepat shutter speed yang dibutuhkan.



 Foto 1.
Shutter 1/60


 Foto 2.
Shutter 1/200

Komentar

Postingan Populer